Kegiatan ini merupakan workshop yang diadakan dalam bentuk 6 unit studio di 4 kota di Indonesia (Padang, Semarang, Surabaya, Denpasar) yang diinisiasi oleh beberapa akademisi serta praktisi Arsitektur. Setiap unit dalam workshop ini akan terdiri dari maksimal 10 peserta di bawah bimbingan 2 unit master, berlangsung selama 10 hari penuh dan akan diakhiri dengan presentasi dan diskusi bersama (dari pekerjaan semua unit) dalam sesi penutup rangkaian kegiatan.

Tema Critical Context menjadikan studio sebagai sebuah laboratorium perancangan yang selalu bertujuan untuk menggali dan mengritisi keragaman konteks lokal dan menggunakan perancangan arsitektur sebagai medium untuk membuka peluang-peluang baru dalam memahami masalah-masalah arsitektur yang beragam di tempat terdekat kita.

Untuk unit Surabaya akan terdiri dari 2 unit studio (Unit Surabaya-1 dan Unit Surabaya-2), yang akan terkonsentrasi dan berlokasi di ordes arsitektur dan ARA-studio
UNIT SURABAYA-1

Unit Master :
Defry Agatha Ardianta & Endy Yudho Prasetyo

Persyaratan Peserta
Peserta adalah mahasiswa aktif Jurusan/Program Studi Arsitektur di Surabaya dan sekitarnya.
Peserta memiliki peralatan sendiri (terutama terkait laptop).
Membuat pernyataan kesediaan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan workshop.
Mendaftar melalui email endy_yudho_prasetyo@ordesarsitektur.com atau info@ordesarsitektur.com dengan menuliskan nama lengkap, asal perguruan tinggi, serta menyertakan tulisan pendek (dituliskan dalam badan email, bukan dalam bentuk lampiran email) tentang pandangan kritisnya tentang Arsitektur (di) Indonesia, dengan batasan 200-250 kata.
Keikutsertaan workshop tidak dipungut biaya pendaftaran.

Jadwal Kegiatan
1 – 10 Agustus 2017 : Pelaksanaan workshop
11-13 Agustus 2017 : Pameran lokal Unit Surabaya (tentative)
18-20 Agustus 2017 : Presentasi dan Diskusi bersama seluruh Unit Studio, di Bali (detail lokasi menyusul). Keterangan: untuk kegiatan ini peserta menanggung sendiri pembiayaan transportasi dan akomodasi selama kegiatan

Kontributor
Al Busyra Fuadi
Antonius Karel Mukti Wibowo
Ariyati
Avianti Armand
David Hutama
Defry Agatha Ardianta
Eko Alvares
Endy Yudho Prasetyo
Erel Hadimuljono
Goyatamara Kolondam
Gustav Anandhita
J. Gatot Surarjo
Ni Ketut Agusintadewi
Resza Riskiyanto